E-JURNAL
PENGARUH DER, KEPEMILIKAN ASING, PROPORSI EARLY WARNING SYSTEM DAN INFLASI TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2015)
Judul:PENGARUH DER, KEPEMILIKAN ASING, PROPORSI EARLY WARNING SYSTEM DAN INFLASI TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2015)
Nama Penulis:Vitalis Ari Widiyaningsih, SE., M.Si & Dra. Endang Purwaningsih, MM., MH
ISSN:0854-2449
Deskripsi:
  
Donwload
ABSTRAK

 

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji DER, kepemilikan asing, proporsi rasio early warning system (sistem peringatan dini), dan inflasi terhadap abnormal return saham perusahaan asuransi. Rasio EWS terdiri dari rasio bebanklaim, rasio likuiditas, agents’ balance to surplus ratio, dan rasio pertumbuhan premi.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2007-2015. Prosedur pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan 10 perusahaan di setiap tahunnya. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi, kepemilikan asing, rasio-rasio early warning system, dan DER memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap abnormal return.